Lumbantoruan, Sotarduga (2014) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 LINTONGNIHUTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111050 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
410111150 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4101111050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
4101111050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4101111050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4101111050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4101111050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4101111050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4101111050 BAB I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
4101111050 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4101111050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lintongnihuta. Penggunaan pendekatan pembelajaran problem posing berpengaruh jika peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang diajar dengan pendekatan pembelajaran problem posing lebih tinggi daripada pendekatan pembelajaran biasa atau konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lintongnihuta tahun ajaran 2014/2015, sebagai sampel diambil dua kelas secara acak yaitu satu sebagai kelas eksperimen dan satu sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran problem posing dan kelas kontrol dengan pendekatan pembelajaran konvensional (ekspositori). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan indeks gain dan independent sample t tes. Aspek kemampuan komunikasi matematis yang diukur adalah aspek drawing/menggambar (membuat gambar dan memaknai gambar), aspek mathematical expression (mengekspresikan) dan aspek writing text/menjelaskan.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pendekatan problem posing sebesar 0,7016 dengan klasifikasi gain tinggi dan rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pendekatan konvensional sebesar 0,4283 dengan klasifikasi gain sedang. Besar peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan problem posing lebih tinggi dibandingkan kemampuan komunikasi matematis yang diajar dengan pendekatan konvensional dibuktikan dengan nilai signifikansi pada aspek membuat gambar adalah 0,04, aspek memaknai gambar adalah 0,01, aspek mengekspresikan adalah 0,00, aspek menjelaskan 0,00 dan total aspek kemampuan komunikasi adalah 0,00 yang semuanya lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan problem posing berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lintongnihuta. Dengan demikian, pendekatan problem posing dapat dijadikan sebagai alternatif pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa khususnya pada materi program linear kelas XI IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 12 Lum p |
Keywords: | Matematika; Karakteristik; Problem Posing; Komunikasi Matematika; Pembelajaran Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11738 |