Aritonang, Elsa Yolanda (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWADENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARANINKUIRI PADA MATERI BANGUN RUANG SISILENGKUNG DI KELAS IX SMP SWASTAHKBP SIDORAME MEDANT.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111026 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4103111026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4103111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4103111026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4103111026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103111026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103111026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4103111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4103111026 BAB I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
4103111026 BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4103111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri di kelas IX SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.A. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas IX-1 SMP Swasta HKBP Sidorame Medan dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Pada pemberian tindakan pada siklus I dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri diperoleh data persentase rata - rata pencapaian waktu ideal aktivitas aktif sebesar 61,71%, aspek aktivitas siswa nomor1 dan 2 saja yang tercapai sementara 3 aspek lainnya tidak tercapai. Setelah diberi tindakan pada siklus II diperoleh data rata - rata persentase menjadi 76,5645%, aspek aktivitas siswa nomor 1, 2, 3 dan 4 juga tercapai. Terjadi peningkatan persentase pencapaian waktu ideal aktivitas aktif sebesar 11,7295% dari siklus I. Berdasarkan kriteria waktu ideal aktivitas belajar maka pembelajaran ini telah mencapai target dan mengalami peningkatan. Dari tindakan I, melalui pemberian tes hasil belajar I diperoleh 12 siswa (46,15%) dari 26 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65) sedangkan 14 siswa (53,85%) belum tuntas. Setelah tindakan II, melalui pemberian tes hasil belajar II diperoleh 19 siswa (73,08%) dari 26 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65) sedangkan 7 siswa (26,92%) belum tuntas. Terjadi peningkatan persentase jumlah siswa yang tuntas sebesar 26,93%. Berdasarkan kriteria peningkatan hasil belajar siswa, maka data tersebut sudah memenuhi kriteria adanya peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX-1 SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.A. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Ari m |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Matematika; Metode Pembelajaran Inkuiri; Keunggulan dan Kelemahan; Bangun Ruang Sisi Lengkung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11737 |