Siregar, Siti Nurbaya (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HIMPUNAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) PADA SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA PELITA MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102111019 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4102111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4102111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4102111019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4102111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4102111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4102111019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4102111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4102111019 BAB I.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
4102111019 BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4102111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4102111019 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi himpunan kelas VII di SMP Swasta Pelita Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII di SMP Swasta Pelita Medan dengan jumlah siswa 40 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi himpunan kelas VII di SMP Swasta Pelita Medan tahun ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes observasi dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran sedangkan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kontekstual yang diterapkan saat proses pembelajaran berlangsung.Penelitian ini dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan dilaksanakan observasi dengan memperhatikan observasi pembelajaran dan diakhir dari siklus diberikan tes hasil belajar siswa. Hasil observasi proses pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I rata-rata mencapai 2,81 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan di siklus II rata-rata mencapai 3,14 dengan kategori baik. Sedangkan hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning, hasil belajar siswa (≥ 70) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 23 siswa (57,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 67,75. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa (≥ 70) secara klasikal telah tercapai yaitu 36 siswa (90%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 80,8. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 32,5%. Angket respon yang di berikan pada siswa dengan nilai 87,2% beraktegori baik terhadap model pembelajaran kontekstual. Karena hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai dan terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sehingga pelaksanaan tindakan diakhiri. Dengan demikian, pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Swasta Pelita Medan tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Sir u |
Keywords: | Mengajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kontekstual; Himpunan; Operasi Himpunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11736 |