PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP N.1 SEI KANAN T.A. 2014/2015

HUTASUHUT, AISYAH (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP N.1 SEI KANAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103311004 COVER.pdf]
Preview
Text
4103311004 COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 4103311004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103311004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 4103311004 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103311004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 4103311004 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103311004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 4103311004 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103311004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 4103311004 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103311004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 4103311004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103311004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 4103311004 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103311004 BAB I.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 4103311004 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103311004 BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4103311004 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103311004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe GI pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan T.A. 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan T.A. 2014/2015 yang terdiri dari 6 kelas. Dari 6 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII3 sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan kelas VIII5 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation), dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yaitu untuk melihat hasil belajar siswa. Sebelum tes ini ditetapkan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu diujicobakan kepada siswa kelas VIII4 untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal.Dari analisa data didapat nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen I sebesar 3,878 dan nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen II sebesar 4. Dari hasil analisis data pre-test kelas eksperimen I diperoleh L0 (0,1533) < Ltabel (0,1542), dan data pre-test kelas eksperimen II diperoleh L0 (0,1410) < Ltabel (0,1519). Sehingga disimpulkan data pre-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pre-test tidak terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,0404 < 1,9686). Nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen I sebesar 7,606 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen II sebesar 7,558. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen I diperoleh L0 (0,1482) < Ltabel (0,1542), dan data post-test kelas eksperimen II diperoleh L0 (0,1181) < Ltabel (0,1519). Sehingga disimpulkan data post-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data post-test kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,339 < 2,02812). Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 3,43 > 1,998. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Group Investigation pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 513.260 71 Hut p
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika; Model Pembelajaran; Tipe TPS; Tipe Group Investigation; Operasi Hitung Aljabar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 30 Aug 2016 01:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11733

Actions (login required)

View Item
View Item