Musanna, Tiya (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IXSMP NEGERI 3 RANTAU UTARA T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111054 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4101111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4101111054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4101111054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4101111054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4101111054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4101111054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4101111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4101111054 BAB I.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
4101111054 BAB V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4101111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4101111054 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui peningkatan kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning, (2) Mengetahui sejauhmana peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa setelah diajar dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas IX SMP Negeri 3 Rantau Utara yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di kelas IX SMP Negeri 3 Rantau Utara Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I peneliti memberi perlakuan yaitu menerapkan model pembelajaran Think Pair Share yang dibimbing secara individual. pada akhir siklus dilaksanakan tes kemampuan penalaran I yang berbentuk uraian dan sebanyak 4 soal, dari hasil tes kemampuan penalaran I dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan penalaran daripada hasil tes awal sebelum diberi perlakuan, namun belum memenuhi kriteria penalaran yang baik. Kemudian dilaksanakan siklus II dengan adanya penambahan perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran Think Pair Share yang dibimbing secara individual dan kelompok. Pada akhir siklus dilaksanakan tes kemampuan penalaran II yang berbentuk uraian dan sebanyak 4 soal, dari hasil tes dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan penalaran. Dari hasil tes awal diketahui rata-rata kemampuan penalaran siswa 47,22 dengan presentase siswa yang telah mencapai nilai kemampuan penalaran minimal kualifikasi cukup baik sebesar 69,44% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 63,19 dengan presentase siswa yang mencapai Nilai minimal kualifikasi cukup baik sebesar 83,32% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus II, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 76,05 dengan presentase siswa yang mencapai nilai minimal kualifikasi cukup baik sebesar 88,88% dari jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan penalaran siswa kelas IX XMP Negeri 3 Rantau Utara sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Mus u |
Keywords: | Belajar Matematika; Kemampuan Penalaran; Model Pembelajaran; Think Pair Share; Bangun Ruang Sisi Lengkung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11732 |