Tiarmaida (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 8 MEDANT.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321048 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103321048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
4103321048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
4103321048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4103321048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4103321048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4103321048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4103321048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103321048 BAB I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
4103321048 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103321048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X Semester II SMA Negeri 8 Medan T.P.2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 8 Medan yang terdiri dari 12 kelas berjumlah 324 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 12 kelas secara acak yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 39,83 dengan standar deviasi 12,28 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 38,67 dengan standar deviasi 12,9. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel (0,36 < 2,01), artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Di akhir pembelajaran dilakukan postes dengan hasil postes kelas eksperimen 71,67 dengan standar deviasi 10,02, kelas kontrol 64,5 dengan standar deviasi 12,34. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,47 dan ttabel = 1,675, sehingga thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X Semester II SMA Negeri 8 Medan T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Tia p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Inkuiri; Listrik Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11729 |