Nori, Rahma Desfi (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TEHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKO BESARANSATUAN DAN PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER 1SMA NEGERI 17 MEDANT.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421021 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
409421021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
409421021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
409421021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
409421021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
409421021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
409421021DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
409421021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409421021 BAB 1.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
409421021 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
409421021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa secarakognitif dan bagaimana aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaraninkuiri pada materi pokok Besaran, satuan dan pengukuran X Semester 1 SMANegeri 17 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen denganmenggunakan design Two group pretes-postes design dengan populasi seluruhsiswa kelas yang terdiri dari 4 kelas dengan sampel penelitian diambil 2 kelasyang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas X-8 sebagai kelaseksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dengan jumlahsiswa 43 orang dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan modelpembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 43 orang. Instrumen yangdigunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak20 soal dengan 4 pilihan jawaban yang telah divalidasi.Berdasarkan analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen35,33 dengan standar deviasi 13,136 dan rata-rata postes 64,53 dengan standardeviasi 11,39 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretes sebesar33,72 dengan standar deviasi 12,2 dan rata-rata postes 55,8 dengan standar deviasi10,3. Pada waktu Pembelajaran Inkuiri berlasung di lakukan pengamatan terhadapaktifitas siswa dihasilnya dikata gorikan aktif sejalan dengan peningkatan hasilbelajar siswa. Untuk Uji normalitas kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1332Ltabel= 0,1351 dan kelas kontrol Lhitung = 0,1298 Ltabel= 0,1351 maka dikatakandata berdistribusi normal. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperolehnilai pretes thitung < ttabel (0,553< 1,99), maka Ho diterima artinya kemampuan awalsiswa pada kedua kelas sama. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t untukpostes,diperoleh thitung = 3,73 > ttabel = 1,99 sehingga diperoleh kesimpulan bahwaada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Inkuiryterhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran, satuan dan pengukuran Xsemester 1 SMA Negeri 17 Medan T.P 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 712 Nor p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Inkuiri; Pembelajaran Konvensional; Aktivitas; Hasil Belajar; Besaran Fisika; Mikrometer; Besaran Waktu; Besaran Massa; Pengukuran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11726 |