PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN T.P 2014/2015

Saragih, Rizky Ari Fahmi (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409421027 COVER.pdf]
Preview
Text
409421027 COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 409421027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409421027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 409421027 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409421027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 409421027 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409421027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 409421027 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409421027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 409421027 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409421027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 409421027 DAFTAR  GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409421027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 409421027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409421027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 409421027 BAB I.pdf]
Preview
Text
409421027 BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 409421027 BAB V.pdf]
Preview
Text
409421027 BAB V.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 409421027 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409421027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 409421027 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
409421027 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranProblem Based Learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokokBesaran dan Satuan di kelas X semester I SMA Swasta Muhammadiyah 8 KisaranT.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitianadalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaranyang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara clusterrandom sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelasX-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X-2 sebagaikelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untukmengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihanberganda dengan jumlah 20 soal.Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pretes dan postes kedua kelasyang berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Hasil postesdiperoleh rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaranProblem Based Learning 75,30 dan kelas kontrol yang menggunakanpembelajaran konvensional 63,63). Dari hasil pengamatan yang dilakukan olehobserver diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan ke I sebesar 54,38%,pertemuan ke II = 75,63%. Hasil uji t diperoleh thitung = 4,66 dan ttabel = 1,669sehingga thitung > ttabel (4,66 >1,669) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengandemikian terdapat perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran ProblemBased Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran danSatuan di kelas X semester I SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran T.P2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 531.140 712 Sar p
Keywords: Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Hasil Belajar; Aktivitas; Pembelajaran Konvensional; Besaran Fisika; Mangukur Pnajang; Notasi Ilmiah; Besaran dan Satuan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 16 Aug 2016 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11725

Actions (login required)

View Item
View Item