Saragih, Rizky Ari Fahmi (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421027 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
409421027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
409421027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409421027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
409421027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
409421027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
409421027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
409421027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
409421027 BAB I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
409421027 BAB V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
409421027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409421027 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranProblem Based Learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokokBesaran dan Satuan di kelas X semester I SMA Swasta Muhammadiyah 8 KisaranT.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitianadalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaranyang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara clusterrandom sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelasX-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X-2 sebagaikelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untukmengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihanberganda dengan jumlah 20 soal.Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pretes dan postes kedua kelasyang berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Hasil postesdiperoleh rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaranProblem Based Learning 75,30 dan kelas kontrol yang menggunakanpembelajaran konvensional 63,63). Dari hasil pengamatan yang dilakukan olehobserver diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan ke I sebesar 54,38%,pertemuan ke II = 75,63%. Hasil uji t diperoleh thitung = 4,66 dan ttabel = 1,669sehingga thitung > ttabel (4,66 >1,669) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengandemikian terdapat perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran ProblemBased Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran danSatuan di kelas X semester I SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran T.P2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 712 Sar p |
Keywords: | Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Hasil Belajar; Aktivitas; Pembelajaran Konvensional; Besaran Fisika; Mangukur Pnajang; Notasi Ilmiah; Besaran dan Satuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11725 |