Sinaga, Zita Srikandi (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN PEMBELAJARAN BIASA DI KELAS VIII SMP TRI JAYA MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111087 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103111087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4103111087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
4103111087 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103111087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4103111087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103111087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103111087 BAB I.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
4103111087 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103111087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4103111087 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103111087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realitik lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Tri Jaya Medan T.P. 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Tri Jaya Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan rata-rata jumlah siswa per kelas sebanyak 30 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen 1 yang diterapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan siswa kelas VIII-B sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang diterapkan pembelajaran biasa. Instrumen penelitian ini berupa tes pilihan ganda yang telah valid dan reliabel. Soal posttes yang digunakan sebanyak 20 soal. Nilai rata-rata hasil posttes pada kelas VIII-A adalah 76,43 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Nilai rata-rata hasil postes pada kelas VIII-B adalah 65,33 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 35. Dari hasil analisis data posttes kelas VIII-A diperoleh = 0,1056 < = 0,161 dan data posttes kelas VIII-B diperoleh = 0,1037 < =0,161, sehingga disimpulkan data posttes kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data posttes adalah homogen karena kedua varians =0,8192 < =1,93. Kemudian uji hipotesis data posttes kedua sampel diperoleh = 2,1276 dan t_tabel=1,672 dengan kriteria pengujian thitung > ttabel , sehingga disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Tri Jaya Medan T.P. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.942 071 Sin p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Matematika Realistik; Kelebihan dan Kekurangan; Sistem Persamaan Linear dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11722 |