Destamadya, Azrina (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR- SHARE (TPS) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VIIA MTS SWASTA MIFTAHUL FALAH DISKI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311010 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4103311010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
4103311010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4103311010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103311010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103311010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103311010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103311010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103311010 BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4103311010 BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4103311010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi persegi panjang dan persegi kelas VIIa MTs Swasta Miftahul Falah diski T.A 2013/2014.Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas VII MTs Swasta Miftahul Falah Diski T.A 2013/2014yaitu kelas VIIAsebanyak 40 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipeThink-Pair-Share (TPS). Cara pengambilan data adalah melalui nilai tes kemampuan awal, tes hasil belajardan observasi. Tes kemampuan awal dantes hasil belajar berbentuk uraian yang terlebih dahulu sudah divalidasikan oleh pakar pendidikan yaitu dosen-dosen matematika UNIMED dan guru matematika MTs Swasta Miftahul Falah Diski. Setiap siklus dilakukan satu kali tes hasil belajar. Observasi bertujuan untuk melihat strategi pembelajaran dan aktivitas siswa ketika proses pembelajaran berlangsung.Dari analisis data didapat nilai rata-rata tes awal adalah 46,075 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 17,5%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata tes hasil belajar I adalah 73,9 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 75%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata teshasil belajar II adalah 86,45 dan nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil observasi pada setiap siklus, strategi pembelajaran dan aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran sudah baik. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi persegi panjang dan persegi kelas VIIAMTs Swasta Miftahul Falah Diski T.A 2013/1014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Des p |
Keywords: | Belajar Matematika; Tes Hasil Belajar; Model Pembelajaran; TPS; Persegi Panjang; Geometri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11717 |