Harahap, Sri Rahma Yani (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PAB 2 HELVETIA MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111079 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409111079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409111079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
409111079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409111079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409111079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409111079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
409111079 BAB 1.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
409111079 BAB V.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
409111079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.Soal tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian, setiap siklus dilakukan satu kali tes kemampuan pemecahan masalah. dari hasil tes siswa yang terus meningkat pada setiap tindakan. Pada tes awal yang hanya ada 9 orang atau 22,5% dari siswa yang mencapai ketuntasan, namun pada siklus I meningkat menjadi 27 orang atau 67,5% siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Berarti dari tes awal sampai TKPM I bertambah 18 siswa atau sebesar 45% siswa telah mencapai ketuntasan dalam memecahkan masalah, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 35 orang atau 87,5% siswa, berarti dari siklus I ke siklus II bertambah 8 siswaatau 20% siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam memecahkan masalah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siklus I dapat dikatakan termasuk kategori baik. Pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori sangat baik.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-6 SMP PAB 2 Helvetia T.A 2013/2014 sehingga pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat dijadikan salah satu altenatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.942 071 Har p |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; STAD; Kubus dan Balok; Materi Pembelajaran; Luas Permukaan dan Volume |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11710 |