Nasiruddin (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SMP AL-FITYAN MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421013 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
409421013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
409421013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
409421013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409421013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409421013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409421013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409421013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409421013 BAB I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
409421013 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409421013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII pada materi pokok Cahaya di SMP Al-Fityan Medan T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Al-Fityan Medan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Inkuiri dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 32.8 dengan standar deviasi 10.3, dan nilai rata-rata kelas kontrol 31.5 dengan standar deviasi 8.5. Hasil uji-t menunjukkan bahwa data pretes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian kemampuan awal siswa kelas eksperimen sama dengan kemampuan kelas kontrol. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 71.7 dengan standar deviasi 12.2 dan kelas kontrol 64.0 dengan standar deviasi 13.3. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 73.1 termasuk dalam cukup aktif. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,08 > 2,01 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 48 maka Ha diterima, dengan demikian dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan dengan pembelajaran Konvensional pada materi pokok Cahaya di kelas VIII SMP Al-Fityan Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.140 712 Nas p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Evaluasi Belajar; Pembelajaran Inkuiri; Konvensional; Cahaya; Hukum Pembiasan; Gelombang Cahaya; Berkas Cahaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11705 |