Yulwinner, Fransisca (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS X SMA SWASTA KATOLIK BUDI MURNI-2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111031 COVER.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
409111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
409111031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
409111031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409111031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
409111031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
409111031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
409111031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
409111031 BAB I.pdf - Published Version
Download (868kB) | Preview
409111031 BAB V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
409111031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMASwasta Katolik Budi Murni-2 Medandenganmodel pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi persamaan kuadrat.Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjekpenelitian adalah siswa kelas X-E SMA Swasta Katolik Budi Murni-2 Medan sebanyak 38siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dantes kemampuan pemecahan masalah.Berdasarkan hasil tes diagnostik diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas adalah 18 yang dilihat dari jumlah nilai siswa tiap indikator per jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 57,26dengan 24siswa atau 63,16%dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 67,95 dimana jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajarsebanyak 33 orang atau 86,84% dari seluruh siswa.Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah terdapat 86,84% siswa yang telah tuntas memecahkan masalah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X-E SMA Swasta katolik Budi Murni-2 Medan sehingga pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.740 712 Yul p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; Tipe TPS; Persamaan Kuadrat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11698 |