Lubis, Siti Maryam (2014) PENERAPAN METODE INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISILENGKUNG DI KELAS IX MTS. AL – JAMIATUL WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311048 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
409311048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
409311048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
409311048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409311048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
409311048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409311048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409311048 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409311048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
409311048 BAB I.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
409311048 BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
409311048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX MTs Al – Jami’atul
Washliyah Tembung pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan
menggunakan Metode Inkuiri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX
MTs Al – Jami’atul Washliyah yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian ini
adalah penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada materi bangu ruang sisi lengkung. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs. Al – Jami’atul
Washliyah yang berjumlah 35 orang, yang terdiri dari 35 orang siswa perempuan
sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode
inkuiri dengan menggunakan alat peraga dan LAS pada materi bangun ruang sisi
lengkung.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dari 35 siswa terdapat 31 siswa
yang mencapai skor 65% dan 4 orang siswa yang mencapai skor < 65%. Dan
dari hasil tes belajar II diperoleh nilai rata-rata siswa 75,64. Berdasarkan kriteria
keefektifan pembelajaran yang terpenuhi yakni: 1) Ketuntasan belajar siswa secara
klasikal dan individu mencapai 89% yang memperoleh nilai 65 dan siswa
lainnya atau 11% memperoleh nilai < 65, maka pembelajaran ini dikatakan tuntas
2) Tingkat penguasaan siswa dari hasil tes belajar II mencapai kriteria sedang,
maka pembelajaran ini dikatakan telah tercapai, 3) Hasil observasi pembelajaran
berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menerapkan meode inkuiri dengan menggunakan alat peraga dan LAS
dalam pembelajaran materi bangun ruang sisi lengkung.
Dari hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa diperoleh hasil
pengamatan aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama, kedua,ketiga dan
keempat adalah 62,96; 68,32; 74,28;dan 78,09. Rata-rata hasil pengamatan
aktivitas belajar siswa 70,91. Berdasarkan kriteria keaktifan belajar siswa dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode inkuiri dengan
menggunakan alat peraga dan LAS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Lub p |
Keywords: | Belajar; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Alat Peraga; LAS; Metode; Inkuiri; Tabung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11690 |