Pasaribu, Nurkhalifah Binti Sulaiman (2014) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HEREDITAS DI KELAS XII IPA SMA SE-KECAMATAN PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141054 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103141054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4103141054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
4103141054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4103141054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4103141054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103141054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103141054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4103141054 BAB I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
4103141054 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103141054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada materi pokok Hereditas yang ditinjau dari aspek kognitif, indikator pembelajaran dan faktor penyebab. Metode yang digunakan adalah analisis tes diagnostik penyebab kesulitan belajar siswa. Desain penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA se-kecamatan Perbaungan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak 144 siswa yang diambil masing-masing satu kelas dari empat sekolah di SMA se-kecamatan Perbaungan. Instrumen penelitian adalah tes diagnostik berupa tes objektif, angket, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) persentase tingkat kesulitan belajar siswa pada setiap aspek kognitif soal C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 secara berturut-turut sebesar 32,07%, 34,81%, 43,99%, 43,89%, 37,42%, dan 79,87%; 2) persentase kesulitan belajar setiap indikator soal pada materi pokok Hereditas meliputi: (1) mendeskripsikan struktur, sifat dan fungsi RNA sebesar 28,19%, (2) menjelaskan keterkaitan gen, DNA, RNA, polipeptida dan proses sintesis protein sebesar 56,25%, (3) mendeskripsikan pembelahan meiosis dan mitosis 30,56%, (4) menghubungkan pembelahan sel dengan pewarisan sifat sebesar 31,25, (5) mendeskripsikan fase-fase pembelahan dan tempat terjadinya mitosis dan meiosis sebesar 55,36%, (6) mendeskripsikan sintesis protein sebesar 43,75%, (7) mengaitkan hubungan antara gen, DNA dan kromosom sebesar 32,45%, dan (8) mendeskripsikan struktur DNA serta sifat dan fungsinya sebesar 43,41%; dan 3) faktor penyebab yang mendukung kesulitan belajar siswa yaitu materi pelajaran, guru biologi, dan orang tua. Disimpulkan bahwa terdapat kesulitan belajar siswa pada materi pokok Hereditas di kelas XII IPA SMA se-Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 575.120 712 Pas a |
Keywords: | Belajar; Kesulitan Belajar; Upaya Mengatasi; Pembelajaran; Hereditas; Genetika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11689 |