Halimatussadiah (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 2 MEDAN T. A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_NIM 4103111035_Cover.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2_NIM 4103111035_Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3_NIM 4103111035_Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4_NIM 4103111035_Abstrak.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
5_NIM 4103111035_Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6_NIM 4103111035_Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7_NIM 4103111035_Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9_NIM 4103111035_Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
10_NIM 4103111035_BAB I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
11_NIM 4103111035_BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
12_NIM 4103111035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
13_NIM 4103111035_Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi kubus dan balok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas VIII SMPN 2 Medan tahun ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 2 Medan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Medan yang berjumlah 35 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok tahun ajaran 2013/2014.Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan angket. Lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar dan aktivitas siswa pada saat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan angket digunakan untuk melihat respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Aktivitas belajar siswa pada siklus I belum memenuhi kategori ideal karena persentase aktivitas siswa berdiskusi/ bertanya antar siswa dan antara siswa dengan guru belum memenuhi batas toleransi PWI (Persentase Waktu Ideal) yaitu 14,66% dan 6,53% (total 21,19%) dari waktu yang tersedia sedangkan idealnya adalah berkisar 25% sampai 35%. Namun, pada siklus II aktivitas siswa berdiskusi/ bertanya antar siswa dan antara siswa dengan guru sudah memenuhi batas toleransi PWI yaitu 22,06% dan 6,25% (total 28,31%). Karena semua kriteria sudah dipenuhi maka aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pada siklus II telah memenuhi kategori ideal. Selanjutnya terdapat peningkatan rata-rata persentase waktu aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II, ini terlihat dari rata-rata persentase waktu yang diperoleh pada siklus II semakin mendekati waktu ideal yang sudah ditetapkan. Jumlah siswa yang memenuhi batas toleransi PWI pada masing-masing aktivitas juga meningkat dari siklus I ke siklus II hingga mencapai lebih dari 50% di masing-masing kriteria aktivitas. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.940 71 Hal u |
Keywords: | Belajar dan Mengajar; Hasil Belajar; Pembelajaran; Aktivitas Belajar; Kooperatif; Tipe STAD; Kubus dan Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11685 |