UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 2 MEDAN T. A. 2013/2014

Halimatussadiah (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 2 MEDAN T. A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1_NIM 4103111035_Cover.pdf]
Preview
Text
1_NIM 4103111035_Cover.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2_NIM 4103111035_Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2_NIM 4103111035_Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 3_NIM 4103111035_Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
3_NIM 4103111035_Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 4_NIM 4103111035_Abstrak.pdf]
Preview
Text
4_NIM 4103111035_Abstrak.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 5_NIM 4103111035_Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5_NIM 4103111035_Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 6_NIM 4103111035_Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6_NIM 4103111035_Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 7_NIM 4103111035_Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7_NIM 4103111035_Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 9_NIM 4103111035_Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
9_NIM 4103111035_Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 10_NIM 4103111035_BAB I.pdf]
Preview
Text
10_NIM 4103111035_BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 11_NIM 4103111035_BAB V.pdf]
Preview
Text
11_NIM 4103111035_BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 12_NIM 4103111035_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
12_NIM 4103111035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 13_NIM 4103111035_Riwayat Hidup.pdf]
Preview
Text
13_NIM 4103111035_Riwayat Hidup.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi kubus dan balok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas VIII SMPN 2 Medan tahun ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 2 Medan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Medan yang berjumlah 35 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok tahun ajaran 2013/2014.Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan angket. Lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar dan aktivitas siswa pada saat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan angket digunakan untuk melihat respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Aktivitas belajar siswa pada siklus I belum memenuhi kategori ideal karena persentase aktivitas siswa berdiskusi/ bertanya antar siswa dan antara siswa dengan guru belum memenuhi batas toleransi PWI (Persentase Waktu Ideal) yaitu 14,66% dan 6,53% (total 21,19%) dari waktu yang tersedia sedangkan idealnya adalah berkisar 25% sampai 35%. Namun, pada siklus II aktivitas siswa berdiskusi/ bertanya antar siswa dan antara siswa dengan guru sudah memenuhi batas toleransi PWI yaitu 22,06% dan 6,25% (total 28,31%). Karena semua kriteria sudah dipenuhi maka aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pada siklus II telah memenuhi kategori ideal. Selanjutnya terdapat peningkatan rata-rata persentase waktu aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II, ini terlihat dari rata-rata persentase waktu yang diperoleh pada siklus II semakin mendekati waktu ideal yang sudah ditetapkan. Jumlah siswa yang memenuhi batas toleransi PWI pada masing-masing aktivitas juga meningkat dari siklus I ke siklus II hingga mencapai lebih dari 50% di masing-masing kriteria aktivitas. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 512.940 71 Hal u
Keywords: Belajar dan Mengajar; Hasil Belajar; Pembelajaran; Aktivitas Belajar; Kooperatif; Tipe STAD; Kubus dan Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 18 Aug 2016 02:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11685

Actions (login required)

View Item
View Item