NASUTION, SYISKA ANITA SARI (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN PBI PADA MATERI THEOREMA PHYTAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311055 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409311055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
409311055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409311055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409311055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
409311055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
409311055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
409311055 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
409311055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
409311055 BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
409311055 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409311055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409311055 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran PBI pada materi theorema phytagoras di kelas VIII SMP Negeri 11 Medan T.A. 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Medan T.A. 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas. Dari 8 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII3 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VIII5 sebanyak 37 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran PBI, dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yaitu untuk melihat hasil belajar siswa. Dari analisa data didapat nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen I sebesar 3,6667 dan nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen II sebesar 3,5405. Dari hasil analisis data pre-test kelas eksperimen I diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1034 < 0,1477, dan data pre-test kelas eksperimen II diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1257 < 0,1457. Sehingga disimpulkan data pre-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pre-test tidak terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel yaitu 1,0404 < 1,9686. Nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen I sebesar 8,3889 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen II sebesar 7,5135. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen I diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1371 < 0,1477, dan data post-test kelas eksperimen II diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1338 < 0,1457. Sehingga disimpulkan data post-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data post-test kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel yaitu 1,1423 < 1,9686. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 2,508 > 1,996. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran PBI pada materi theorema phytagoras di kelas VIII SMP Negeri 11 Medan T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Nas p |
Keywords: | Hasil Belajar; Mengajar Matematika; Model Pembelajaran; Tipe NHT; Teorema Pythagoras |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11684 |