SYAHMIDUN (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELASVIII SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101311005 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4101311005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
4101311005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4101311005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4101311005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4101311005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4101311005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4101311005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4101311005 BAB I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
4101311005 BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4101311005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita yang diajarkan dengan pembelajaran kontekstual dengan tutor sebaya pada materi teorema pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan T.A. 2014/2015. (2) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru yang menerapkan pembelajaran kontekstual dengan tutor sebaya pada materi teorema pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan T.A. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Pegajahan yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran melalui model pembelajaran kontekstual dengan tutor sebaya pada materi teorema pythagoras. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa, lembar observasi digunakan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru. Hasil penelitian siklus I, tingkat kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita pada aspek memahami masalah termasuk kedalam kategori baik dengan persentase 87,5 %, aspek merencanakan masalah termasuk kedalam kategori buruk dengan persentase 59,375 %, aspek menyelesaikan masalah termasuk kedalam kategori sangat buruk dengan persentase 40,625 % dan aspek memeriksa kembali termasuk kedalam kategori sangat buruk dengan persentase 9,375 %. Selanjutnya dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran siklus I, diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru termasuk kedalam kategori cukup dengan nilai 68,30. Hasil penelitian siklus II, tingkat kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita pada aspek memahami masalah termasuk kedalam kategori sangat baik dengan persentase 93,75 %, aspek merencanakan masalah termasuk kedalam kategori baik dengan persentase 87,5 %, aspek menyelesaikan masalah termasuk kedalam kategori baik dengan persentase 84,375 % dan aspek memeriksa kembali termasuk kedalam kategori baik dengan persentase 84,375 %. Selanjutnya dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran siklus II, diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru termasuk kedalam kategori baik dengan nilai 75,44. Berdasarkan analisis penelitian tersebut, diperoleh gambaran bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan tutor sebaya pada materi teorema pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan T.A. 2014/2015 dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Sya p |
Keywords: | Karakteristik Siswa SMP; Teori Belajar Matematika; Kontekstual; Teori Polya; Tutr Sebaya; Model; Kajian Materi Teorema Phytagoras |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11681 |