Hasibuan, Afifah Zahrah Oktaviani (2014) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MELAKUKAN OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MEDIA GRAFIS MATFLASH DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PERBAUNGAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111005 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4103111005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
4103111005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4103111005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4103111005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4103111005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4103111005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4103111005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4103111005 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4103111005 BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
4103111005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media grafis matflash di Kelas VII-6 SMP Negeri 1 Perbaungan tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 41 siswa kelas VII-6 SMP SMP Negeri 1 Perbaungan dan objek penelitian ini adalah proses pembelajaran pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan media grafis matflash. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa pada setiap aspek pemahaman konsep pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran dan aktivitas siswa ketika model pembelajaran pendekatan kontekstual diterapkan.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa siswa mengalami peningkatan pada setiap aspek pemahaman konsep setelah siklus II dilaksanakan. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan model pembelajaran kontekstual menunjukkan tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa pada aspek Translasi sebesar 56,1% siswa dengan kategori sangat buruk, pada aspek Interpretasi sebesar 54% siswa dengan kategori sangat buruk, dan pada aspek Ekstrapolasi sebesar 56,1% siswa dengan kategori Sangat buruk. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh peningkatan banyak siswa yang memahi aspek Translasi sebesar 85,4% dengan kategori sangat baik, pada aspek Interpretasi meningkat sebesar 82,9% dengan kategori baik, dan pada aspek Ekstrapolasi meningkat sebesar 80,48% dengan kategori baik. Dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran siklus I, diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru termasuk kedalam kategori cukup atau 65,2 dan meningkat menjadi baik atau 76,78 pada siklus II, serta hasil observasi kegiatan siswa termasuk kedalam kategori kurang atau 60,4 dan meningkat menjadi baik atau 78,12 pada siklus II.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kontekstual, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa khususnya pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas VII-6 SMP Negeri 1 Perbaungan mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Has p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Teori Belajar Matematika; Model Pendekatan Kontekstual; Media Grafis Mattlas; Bilangan Bulat |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11680 |