Sirait, Meri Crisnawati (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN HIDROKARBON BERPADUKAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA ST. MARIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131041 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4103131041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4103131041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4103131041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103131041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103131041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103131041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103131041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103131041 BAB I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4103131041 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103131041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI berpadukan media powerpoint lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung berpadukan media powerpoint pada pembelajaran hidrokarbon. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA St. Maria Medan yang terdistribusi pada 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 66 orang. Sampel penelitian diambil secara random sampling,sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 44 orang. Satu kelas diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe GI berpadukan media powerpoint (eksperimen) dan satu kelas diberi perlakuan model pembelajaran langsung berpadukan media powerpoint (kontrol). Data yang diamati adalah hasil belajar siswa yang diambil dengan menggunakan instrumen tes pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya. Data di analisis dengan uji- t satu pihak setelah diuji homogenitas dan normalitas data. Hasil uji-t diperoleh t hit 1,752>t tabel 1,68 dengan db 42, yang berarti Ha diterima yaitu hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation (GI) berpadukan media powerpoint lebih tinggi daripada yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran langsung berpadukan media powerpoint. Hasil belajar siswa kelompok eksperimen 79,83±8,40 lebih tinggi daripada kelompok kontrol 75,85±8,02. Peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 68,76 %, yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berpadukan media powerpoint sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 5470010 712 Sir p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Group Investigation; Direct Instruction; Media Pembelajaran; Kekhasan Atom Karbon; Akena; Alkana; Alkona; Sifat-sifat Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11679 |