Ginting, Januarita Br. (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTU MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA MASEHI GBKP BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321022 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103321022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103321022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4103321022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4103321022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4103321022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103321022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4103321022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103321022 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
4103321022 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4103321022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor di kelas X semester II SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi Tahun Pelajaran 2013/2014 dan aktifitas belajar siswa saat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu mind mapping. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design penelitian Two Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas sebagai kelas kontrol dan masing-masing kelas berjumlah 42 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidasikan dan lembar observasi aktifitas belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Uji Hipotesis menggunakan uji t satu pihak.Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 47,98 dengan standar deviasi 5,95 dan kelas kontrol adalah 49,05 dengan standar deviasi 5,32. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,1288 < 0,1367, sedangkan kelas kontrol Lhitung < Ltabel = 0,1314 < 0,1367 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,251 <1,680 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa meningkat dari pertemuan pertama, kedua dan ketiga. Rata-rata aktivitas pertemuan pertama adalah 64,85, pertemuan kedua 76,87 dan pertemuan ketiga 84,81. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu mind mapping dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 81,31 dan standar deviasi 6,99 dan kelas kontrol 75,24 dan standar deviasi 6,53. Hasil uji t satu pihak postes diperoleh thitung > ttabel = 4,081 > 1,667 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantu Mind Mapping pada Materi Pokok Kalor di Kelas X Semester II SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 1 Gin p |
Keywords: | Konduksi; Konveksi; Radiasi; Model Pembelajaran; Kalor; Asas Black; Wujud Zat; Kalor Peleburan; Pembekuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11676 |