Purba, Maria Magdalena (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) DAN TEKNIK CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) PADA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IA -3 SMA NEGERI 18 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4103141040 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. 4103141040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4. 4103141040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
3. 4103141040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
5. 4103141040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. 4103141040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
6. 4103141040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. 4103141040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
10. 4103141040 BAB I.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
14. 4103141040 BAB V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
9. 4103141040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Teknik Curah Pendapat (Brainstorming) Pada Pembelajaran Biologi di kelas XI IA -3 SMA Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini
dilaksanakan pada Februari – Mei 2014. Metode penelitian mengikuti kaidah penelitian tindakan kelas . Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI IA – 3 SMA Negeri 18 Medan yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus , dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus diadakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 10 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Rata – rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 67,14 dan nilai ketuntasan klasikal 51,43%( tidak tuntas). Rata- rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 76,57 dan nilai ketuntasan klasikal 82,85% (tuntas) . Jadi, terjadi peningkatan hasil belajar biologi siswa sebesar 31,42 %. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 60% dan pada siklus II 85,71%. Jadi , terjadi peningkatan aktivitas sebesar 25,71%. Kombinasi Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Teknik Curah Pendapat (Brainstrorming ) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa di kelas XI IA – 3 SMA Negeri 18
Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014
Kata Kunci : hasil belajar, aktivitas siswa, kooperatif tipe Teams GamesTournament (TGT) , Brainstorming, siklus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Pur u |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Teams Games Tournament (TGT); Teknik Curah Pendapat; Hasil Belajar; Sistem Ekskresi Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11675 |