Sipahutar, Diniatul Hidayani (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA POKOKBAHASAN SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311020 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103311020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4103311020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4103311020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4103311020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103311020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103311020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103311020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103311020 BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4103311020 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4103311020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pemvelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan segiempat di kelas VII SMP Negeri 4 Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 SMP SMP Negeri 4 Medan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan di kelas VII SMP Negeri 4 Medan tahun ajaran 2013/2014. Data diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada akhir setiap siklus dan lembar observasi untuk setiap kali pertemuan. Sebelum dilaksanakannya siklus diadakan tes awal pada kelas VII-5 untuk melihat kemampuan awal siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan segiempat , juga untuk mengetahui gambaran kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan segiempat. Kemudian dilaksanakan siklus I dan dilanjutkan dengan siklus II untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan segiempat.Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada tes awal yaitu 39,53 dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika sangat rendah. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat menjadi 57,83 dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika rendah. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat menjadi 73,33 dengan tingkat pemahaman konsep matematika sedang serta telah mencapai target keberhasilan belajar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan segiempat di kelas VII SMP Negeri 4 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.207 1 Sip p |
Keywords: | Masalah Dalam Matematika; Pembelajaran Kooperatif; Investigasi Kelompok; Materi Segiempat; Langkah-langkah Investigasi Kelompok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11673 |