Sigalingging, Pesta Indra (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTTEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II DI SMANEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321035 COVER.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4103321035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (781kB) | Preview
4103321035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
4103321035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
4103321035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
4103321035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4103321035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4103321035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4103321035 BAB I.pdf - Published Version
Download (799kB) | Preview
4103321035 BAB V.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
4103321035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu macromedia flash pada materi pokok suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Negeri 1 Siantar Narumonda T.P. 2013/2014. Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Negeri 1 Siantar Narumonda T.P. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II di SMA Negeri 1 Siantar Narumonda T.A.2013/2014 yang berjumlah 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang untuk kelas eksperimen dan 35 orang untuk kelas kontrol. Dari analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35,43 pada kelas kontrol sebesar 34,86. Kedua kelas berdistribusi normal karena Lhitung < LTabel (0,1056 < 0,1497) dan homogen karena Fhitung < FTabel (1,02 < 1,76). Dari hasil uji kemampuan awal siswa diperoleh = 0,228. Pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh =1,997 ( < ) yang berarti Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh para observator dengan berpedoman pada lembar observasi aktivitas siswa, disimpulkan bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa yaitu 71,22 termasuk kategori cukup aktif. Untuk postest diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen 71,57 pada kelas kontrol sebesar 65,86. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis diperoleh = 2,092. Pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh = 1,669 ( > ) yang berarti Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Negeri 1 Siantar Narumonda T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 1 Sig p |
Keywords: | Model Pembelajaran; STAD; Aktivitas Belajar; Macromedia Flash; Suhu; Kalor; Radiasi; Konveksi; Konduksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11651 |