Aritonang, Eva Sari E. Br. (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR DAN ASAS BLACK DI KELAS X SEMESTERII SMA ST.THOMAS 3 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321012 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103321012 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103321012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
4103321012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4103321012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103321012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103321012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103321012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103321012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4103321012 BAB I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
4103321012 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4103321012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kontekstual dan pembelajaran konvensional beserta mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual pada materi perpindahan kalor dan asas black di kelas X semester II SMA St. Thomas 3 Medan T.A 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-tes dan Pos-tes. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA St.Thomas 3 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan ada dua yaitu hasil belajar dan lembar aktivitas. Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 47,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol 51,56. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kontekstual dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Maka nilai rata-rata postes kelas eksperimen 74,53 dan kelas kontrol 68,59. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,41 dan ttabel = 1,99 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kontekstual dan pembelajaran konvensional pada materi perpindahan kalor dan asas balck di kelas X semester II SMA St. Thomas 3 Medan T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 1 Ari p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kontekstual; Quasi Eksperimen; Cluster Random Sampling; Kalor; Jenis Kalor; Perpindahan Kalor; Konveksi; Konduksi; Radiasi; Asas Black |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11650 |