Hutagalung, Chintya Dewi Epiphani (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131013 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409131013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
409131013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
409131013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
409131013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
409131013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409131013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409131013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409131013 BAB I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
409131013 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
409131013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe true or false terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran ikatan kimia kelas X SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan strategi pembelajaran true or false dan kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan strategi pembelajaran true or false. Hasil pengolahan data diperoleh data pretest dan postest berdistribusi normal dan kedua kelas sampel homogen. Dan setelah data tersebut dianalisis, diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 49% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol adalah sebesar 33%. Dan sesuai dengan uji-t diperoleh bahwa thitung >ttabel yaitu 2,628>1,675 maka hipotesis diterima (Ho ditolak) yaitu hasil belajar dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe true or false lebih tinggi dari hasil belajar siswa tanpa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe true or false pada materi pembelajaran ikatan kimia.Sedangkan untuk mengetahui hubungan aktivitas siswa dengan hasil belajar dilakukan uji regresi linier dengan membandingkan nilai F yang diperoleh (F-hit) dengan F tabel(0,05)(1)(26)=4,22 pada α=0,05, dengan kriteria : jika F-hit > F-tabel yaitu 30,63>4,22 maka Ho ditolak yang berarti ada hubungan aktivitas yang ditimbulkan melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe true or false terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMA kelas X pada materi pembelajaran ikatan kimia. Dengan itu diperoleh koefisien determinasi (koefisien regresi) dalam persen adalah 55,2 %. Maka sumbangan variabel X (aktivitas belajar) terhadap variabel Y (hasil belajar) adalah 55,2 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 071 2 Hut p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran; True Or False; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Evaluasi Hasil Belajar; Ikatan Kimia; Ikatan Ion; Ikatan Kovalen; Ikatan Logam; Struktur Lewis |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11647 |