Purba, Jelita (2014) PERBEDAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DAN TANPA MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA TUMBUHAN PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141045 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
409141045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
409141045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409141045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
409141045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
409141045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409141045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
409141045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409141045 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
409141045 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409141045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendekatan kontekstual menggunakan multimedia dan tanpa multimedia terhadap hasil belajar materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sidikalang tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sidikalang yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 128 orang. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen (diajar dengan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Multimedia) dan kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol (diajar dengan Pendekatan Kontekstual Tanpa Multimedia). Masing-masing kelas berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pilihan berganda sebanyak 30 soal yang digunakan sebagai soal pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan post-test kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 74,27 dengan standard deviasi 12,41 dan kelas kontrol memiliki rata-rata post-test sebesar 68,28 dan standard deviasi 10,21. Dari uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t harga t hitung 5,29 dan t tabel 1,673. Jika dibandingkan harga t hitung dengan t tabel diperoleh t hitung > t tabel (5,29 > 1,673). Berdasarkan kiteria penerimaan dan penolakan hipotesis, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka disimpulkan bahwa ada perbedaan pendekatan kontekstual menggunakan multimedia dan tanpa multimedia terhadap hasil belajar materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sidikalang tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 581.410 712 Pur p |
Keywords: | Belajar Mengajar; Hasil Belajar; Pendekatan Pembelajaran; Elemen dan Karakter; Multimedia Pembelajaran; Fungsi Jaringan Tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11640 |