Sembiring, Fuji Kerina (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MENCARI PASANGAN KARTU (INDEX CARD MATCH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN SISTEM PERTAHANAN TUBUH PADA MANUSIA DI KELASXI IPA-4 SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101341003 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4101341003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
4101341003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4101341003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4101341003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4101341003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4101341003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4101341003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4101341003 BAB I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
4101341003 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4101341003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4101341003 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan mengajar di kelas melalui strategi pembelajaran aktif mencari pasangan kartu (Index Card Match) pada materi Sistem Pertahanan Tubuh pada Manusia di kelas XI IPA-4 SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lubuk Pakam dan subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA-4 yang berjumlah 36 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda serta lembar observasi untuk pengamatan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus, dimana pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 59,72 dan pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 75,97. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,25. Untuk hasil aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I dengan persentase 65% dengan kategori cukup dan pada siklus II dengan persentase 81% dengan kategori baik. Peningkatan yang terjadi pada aktivitas belajar siswa sebesar 16%. Hal ini berarti bahwa penerapan strategi pembajaran aktif mencari kartu (Index Card Match) dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran biologi pada materi sistem pertahanan tubuh pada manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.290 712 Sem p |
Keywords: | Mengajar; Strategi Belajar Mengajar; Hasil Belajar Biologi; Sistem Pertahanan Tubuh Manusia; Respons Non Spesifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11634 |