Siregar, Syarifuddin (2014) STUDI IMPLEMENTASI STANDAR PROSES OLEH GURU FISIKA DI BEBERAPA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121078 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4103121078 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4103121078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4103121078 ASBTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103121078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103121078 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103121078 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103121078 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103121078 BAB I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
4103121078 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103121078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme perencanaan dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan juga untuk melihat faktor-faktor penyebab guru belum melakukan proses pembelajaran yang sesuai dengan standar proses pendidikan. Penelitian dilaksanakan di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Medan yang menggunakan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan etnografi dengan sumber data tiga guru mata pelajaran Fisika SMA di Kota Medan yang ditetapkan secara Purposive sampling. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan sedangkan pengabsahan data dilaksanakan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa standar proses pendidikan di beberapa SMA di Kota Medan belum sepenuhnya diterapkan berdasarkan Permendiknas No. 65 Tahun 2013. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai kemampuan guru dalam melakukan proses pembelajaran di dalam kelas hanya sebesar 63.17% saja. Guru kurang maksimal dalam melaksanakan standar proses pendidikan di mulai dari perencanaan proses dan pelaksanaan proses pembelajaran. Pada penelitian ini ditemukan faktor-faktor penyebab guru belum melakukan proses yang sesuai dengan standar. Faktor tersebut meliputi guru belum memahami peyusunan proses pembelajaran, tidak adanya tuntutan dari sekolah, dan kurangnya sosialisasi dari lembaga pelatihan. Untuk itu perlu adanya peningkatan pemahaman guru baik dari internal maupun eksternal dalam pelaksanaan standar proses pendidikan agar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sir s |
Keywords: | Guru; Aktivitas Belajar; Standar Proses; Standard Nasional; Pendidikan; Pembelajaran; BSNP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11618 |