Situmorang, Rikardo (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA RK DELI MURNI DELI TUA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121056 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4103121056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4103121056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103121056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103121056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4103121056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4103121056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103121056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103121056 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4103121056 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4103121056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA RK Deli Murni Deli Tua T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA RK Deli Murni Deli Tua T.A 2013/2014 yang terdiri dari 3 kelas dengan populasi 108 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay test dengan jumlah 15 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 20,45 dengan simpangan baku 6,884 dan nilai rata-rata kelas kontrol 19,29 dengan simpangan baku 7,276. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1192 dan Ltabel = 0,1591, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1451 dan Ltabel = 0,1591 , karena Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,117 dan Ftabel = 1,84 karena Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,645 dan ttabel = 2,00 , karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem based learning dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 52,65 dengan simpangan baku 19,889 dan kelas kontrol 47,55 dengan simpangan baku 12,359. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 1,82 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA RK Deli Murni Deli Tua T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sit p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; hukum Ohm; Rangkaian Hambatan; Energi dan Daya; Listrik; Alat Ukur Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11613 |