SITUMORANG, YUSTINA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP KATOLIK TRI SAKTI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311060 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409311060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409311060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
409311060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
409311060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
409311060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
409311060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409311060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
409311060 BAB I.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
409311060 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409311060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Kubus dan Balok di SMP Katolik Tri Sakti 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing – masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Katolik Tri Sakti 2 Medan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 38 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah.
Dalam pelaksanaan penelitian ini telah dikembangkan perangkat dan instrumen penelitian antara lain: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) lembar aktivitas siswa, (3) tes kbk, (4) lembar observasi aktivitas siswa, (5) lembar validasi tes kbk yang telah divalidasi oleh pakar dan diuji cobakan dilapangan dan dinyatakan layak dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh gambaran bahwa: (1) rata-rata nilai tes kemampuan berpikir (TKBK) siswa sebesar 53,00 pada siklus I meningkat menjadi 70,84 pada siklus II. Data yang diambil berupa hasil observasi dan hasil tes pada siklus I dan siklus II dengan indikator keberhasilan peresentase aktivitas siswa memenuhi batas toleransi waktu ideal dan persentase siswa yang memperoleh nilai minimal 65 sebanyak 85% atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian, 3 kategori aktivitas siswa pada siklus 1 belum memenuhi batas toleransi waktu ideal sedangkan pada siklus II setiap kategori aktivitas siswa sudah memenuhi batas toleransi waktu ideal. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.942 071 Sit p |
Keywords: | Masalah Matematika; Model Pembelajaran; Kretaivitas; Karakteristik Model PBM; Kubus; Jaring-jaring Kubus; Balok; Volume |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11609 |