Simanjuntak, Tri Dwi Larosa (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL JIGSAW DAN METODE CERAMAH PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP PARULIAN 2 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111055 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4101111055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4101111055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4101111055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4101111055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4101111055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4101111055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4101111055 BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4101111055 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4101111055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4101111055 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode Ceramah pada materi Bilangan Bulat di kelas VII SMP Parulian 2 Medan T.A. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan posttest. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas masing - masing 37 orang siswa pada kelas VII-2 sebagai kelas eksperiman I dan kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen II.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen I adalah 84,0789 dan pada kelas eksperimen II adalah 72,7027. Dari perhitungan uji normalitas data posttest diperoleh Lhitung < Ltabel¬ (0,04242 < 0,1457) dan data posttest kelas eksperimen II diperoleh Lhitung < Ltabel ¬(0.14118 < 0,1457). Sehingga disimpulkan bahwa kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari perhitungan uji homogenitas data diperoleh Fhitung = 1,374 dan Ftabel= 1,74 sehingga dapat disimpulkan kedua sampel berasal dari populasi yang homogen.Dari hasil analisis data posttest dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel¬ yaitu 5,689 > 1,668 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode Ceramah pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 511.320 71 Sim p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Model Jigsaw; Model Ceramah; Bilangan Bulat; Operasi Penjumlahan; Operasi Pengurangan; Operasi Perkalian; Operasi Pembagian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11606 |