Simanullang, Junior (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA STRUKTUR ATOM SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERPADUKAN MEDIA PETA KONSEP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4101131019 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. 4101131019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. 4101131019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. 4101131019 ASTRAK.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. 4101131019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. 4101131019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 4101131019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. 4101131019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
10. 4101131019 BAB I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
11. 4101131019 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
12. 4101131019 DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Pendidikan merupakan sarana efektif untuk membantu proses pengembangan potensi individu yang bersifat dinamis dan sarat perkembangan sehingga perlu dilakukan pembaharuan strategi atau model pembelajaran. Penggunaan model dan media pembelajaran merupakan salah satu caranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Number Head Together (NHT) yang dipadukan dengan media peta kosep dan korelasi antara rata-rata aktivitas belajar dengan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Doloksanggul kelas XI MIA, pada bulan Juli 2014, dengan jumlah populasi 6 kelas dan menggunakan dua kelas sampel yakni kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Kelas eksperimen I diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS sedangkan kelas eksperimen II mengunakan kooperatif tipe NHT dengan kedua kelas dilengkapi media peta konsep. Dalam penelitian ini variabel bebas adalah pembelajaran dengan model kooperatif tipe TSTS dan NHT, variabel terikat adalah rata-rata hasil belajar kimia. Data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan instrumen tes pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, uji daya beda dan tingkat kesukaran soal dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t dua pihak setelah diuji normalitas dan homogenitas data. Hasil pengolahan data siswa di kelas eksperimen I rata-rata pretest sebesar 16,95 ,postest 75, rata-rata aktivitas belajar 72,09 sedangkan kelas eksperimen II rata-rata pretes sebesar 16,59 , post-test 82,22 dan rata-rata aktivitas belajar 79,0. Hasil uji-t dua pihak diperoleh thitung -2,66031 sedangkan ttabel 2,389 pada taraf signifikan 0,025, maka daerah krisis berada pada t < -2,389 dan t > 2,389. Hal ini menunjukkan thitung berada pada daerah krisis, maka terima Ha yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan tipe NHT yang berpadukan media peta konsep. Setalah itu, dilakukan analisa korelasi rata-rata aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa diperoleh rhit sebesar 0,37 yang lebih besar dari rtabel pada α =0,05 sebesar 0,34, yang berarti ada korelasi positip antara rata-rata aktivitas belajar dengan rata-rata hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 712 Sim p |
Keywords: | Pembelajaran Kimia; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe Two Stay Two Stray; Media Peta Konsep; Struktur Atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11601 |