Simanjuntak, Juliyanti Syandiro (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131039 Cover.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409131039 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
409131039 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
409131039 Abstrak.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
409131039 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
409131039 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409131039 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
409131039 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409131039 BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
409131039 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409131039 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa, dengan melihat apakah hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe TGT lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 7 Medan TA 2013/2014 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik purpossive sampling sehingga diperoleh kelas yang diberi pengajaran kooperatif tipe TGT dan kelas yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran konvensional. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu diberikan pretest dan diakhir pertemuan diberikan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa, dengan hasil belajar untuk kelas eksperimen adalah = 83,55 dan SD = 6,67 sedangkan hasil belajar untuk kelas kontrol adalah =77,23 dan SD= 6,64. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t yaitu uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung sebesar 6,762 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,668 pada taraf signifikan α = 0,05 dan db = 74, sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan struktur atom di kelas X SMA Negeri 7 Medan TA 2013/2014. Selain itu berdasarkan nilai tes awal dan tes akhir diperoleh peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT sebesar 72,30% sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 58,10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran dengan model konvensional. Selain itu dapat dilihat bahwa aktivitas belajar siswa juga meningkat, dan dari data perhitungan korelasi (hubungan hasil belajar dengan aktivitas siswa) maka dapat disimpulkan ada korelasi positif antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar kimia siswa menggunakan model TGT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 712 Sim p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; TGT; Struktur Atom; Model Atom; Partikel Dasar Penyusun Atom; Isotop; Isobar; Elektron |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11595 |