Tarigan, Eka Denny Franata (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW (QD) PADA MATERI KESEBANGUNAN BAGI SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 PANCUR BATU. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111024 COVER.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4103111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (698kB) | Preview
4103111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4103111024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4103111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4103111024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4103111024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4103111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4103111024 BAB I.pdf - Published Version
Download (813kB) | Preview
4103111024 BAB V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4103111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4103111024 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw (QD) pada pokok bahasan kesebangunan pada kelas IX SMP Negeri 2 Pancur Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-5 SMP Negeri 2 Pancur Batu T.A. 2014/2015 yang berjumlah 33 siswa. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw pada pokok bahasan kesebangunan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis.Dari hasil observasi, peneliti memperoleh bahwa nilai rata-rata observasi meningkat dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata observasi aktivitas guru meningkat dari 1,16 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 1,54 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Begitu juga dengan nilai rata-rata observasi aktivitas siswa yang meningkat dari 2,15 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 2,55 dengan kategori baik pada siklus II. Dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis, peneliti juga memperoleh bahwa banyaknya siswa dengan kemampuan komunikasi matematis minimal sedang meningkat pada siklus I ke siklus II dan pada siklus II kemampuan komunikasi matematis sudah pada kriteria baik, yaitu jika banyak siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal sedang 70%. Berdasarkan tes diagnostik, diperoleh 10 siswa (30,30%) yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal sedang. Setelah pemberian tindakan (siklus I) diperoleh 18 siswa (54,54%) yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal sedang. Dan setelah pemberian perbaikan tindakan (siklus II) diperoleh 25 siswa (75,76%) yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal sedang. Dari hasil analisis data diperoleh adanya peningkatan banyaknya siswa dengan kemampuan komunikasi matematis minimal sedang sebanyak 7 siswa (21,22%) dan pada siklus II kemampuan komunikasi matematis siswa sudah pada kriteria baik.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan kesebangunan di kelas IX SMP Negeri 2 Pancur Batu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Tar u |
Keywords: | Belajar; Model Pembelajaran; Model Pembelajaran Kooperatif; Quick On The Draw; Komunikasi Matematis; Kesebangunan; Bangun Datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11592 |