Siahaan, Melinda Giovanny (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4102131008 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. 4102131008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 4102131008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. 4102131008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. 4102131008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. 4102131008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7. 4102131008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. 4102131008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. 4102131008 BAB I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
10. 4102131008 BAB V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
11. 4102131008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
12. 4102131008 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan pendekatan Scientific lebih tinggi daripada pembelajaran yang hanya menggunakan pendekatan Scientific, serta untuk mengetahui apakah pencapaian nilai afektif dan psikomotorik kelas eksperimen I lebih tinggi daripada kelas eksperimen II. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X PIA SMA Negeri 2 Pematangsiantar yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 280 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 78 siswa dengan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen I yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan pendekatan Scientific dan kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan pendekatan Scientific. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid, dan reliabel. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen I adalah 0,8394 dan rata-rata gain kelas eksperimen II adalah 0,7515. Persentase peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran PBL sebesar 83,94% dan tanpa model PBL 75,15%. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 3,864 sedangkan ttabel sebesar 1,6697 pada taraf α = 0,05 dan dk = 66, sehingga thitung>ttabel. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran PBL lebih tinggi daripada peningkatan yang tidak menerapkan model PBL. Pencapaian afektif dan psikomotorik kelas eksperimen I lebih tinggi daripada kelas eksperimen II, untuk kelas eksperimen I capaian nilai afektif siswa adalah 84,12% dan nilai psikomotorik adalah 90,20%. Pencapaiaan nilai afektif untuk kelas eksperimen II adalah 74,76% dan capaian nilai psikomotorik adalah 85,78%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.260 712 Sia p |
Keywords: | Hasil Belajar Kimia; Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Pendekatan Scientific; Stoikiometri; Hukum Dasar Kimia; Konsep MOL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11574 |