Situngkir, Rosanna F. (2014) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331046 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103331046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4103331046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4103331046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4103331046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4103331046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4103331046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103331046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4103331046 BAB I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
4103331046 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4103331046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Siantar Narumonda yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas yaitu kelas X IPA 1 dan sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan Model Mengajar Mengiduksi Perubahan Konsep dan kelas kontrol diajarkan dengan model konvensional. Dari hasil penelitian, untuk kelas Eksperimen diperoleh nilai rata-rata gain sebesar 0,7166 ± 0,0960 sedangkan kelas Kontrol adalah 0,6153 ± 0,0836 Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas Eksperimen adalah 71,87% sedangkan pada kelas Kontrol adalah 61,53%. Uji normalitas gain kelas eksperimen diperoleh χ 2 hitung = 10,4 dan χ 2 tabel = 11,07, untuk gain kelas kontrol diperoleh χ 2 hitung = 7,1 dan dan χ 2 tabel = 11,07. Sehingga χ 2 hitung < χ 2 tabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, untuk gain diperoleh Fhitung = 1,34 dan Ftabel = 1,86, maka sampel homogen. Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung= 4,265 dan ttabel = 1,672, sehingga Diperoleh thitung = 4,265 berada pada daerah penolakan Ho di mana, thitung > ttabel (4,265 > 1,672) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dari data yang diperoleh, ranah kognitif yang paling terkembang adalah C2 (pengetahuan) pada kelas eksperimen , yakni sebesar 2,822. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran M3PK lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.207 1 Sit p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Konstruktivisme; Pembelajaran Konvensional; Periode dan Golongan; Sifat-sifat Periodik Unsur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11571 |