PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TATA NAMA SENYAWA KIMIA BERBASIS POWER POINT

Tinendung, Lora Nopita (2014) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TATA NAMA SENYAWA KIMIA BERBASIS POWER POINT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409431019 COVER.pdf]
Preview
Text
409431019 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 409431019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409431019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 409431019 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409431019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 409431019 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409431019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of 409431019 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409431019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 409431019 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409431019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 409431019 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409431019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 409431019 DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
409431019 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 409431019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409431019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 409431019 BAB I.pdf]
Preview
Text
409431019 BAB I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 409431019 BAB V.pdf]
Preview
Text
409431019 BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 409431019 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409431019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk : (1) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dan TGT berbasis power point. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran pembelajaran kooperatif STAD dan TGT berbasis power point.(3) mengetahui kontribusi aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dan TGT berbasis power point. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Kerajaan masing-masing kelas berjumlah 30 orang, sehingga jumlah sampel menjadi 60 orang siswa. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas X sebagai eksperimen I diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan eksperimen II diajarkan dengan model pembelajaraan kooperatif Teams Games Tournamens (TGT). Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 25 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas,tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil analisa data diperolah rata-rata (1)hasil belajar kimia eksperimen I 70±64 lebih rendah dari eksperimen II dengan nilai rata-rata 81,2±64. Hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji dengan uji t dua pihak diperoleh bahwa thitung> ttabel (11,344 >2,167). Karena thitung berada pada daerah kritis maka Haditerima(2)berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe STAD dengan model pembelajaran tipe TGTberbasis power point.Dengan peningkatan atau persen gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I 56,02 % sedangkan kelas eksperimen II adalah 72,58%. Maka, dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TGT mengalami perkembangan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakn model pembelajaran STAD. Dengan kata lain tingkat pemahaman siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan STAD. (3) Kontribusi aktivitas model pembelajaran STAD sebesar 13,32 % sedangkan kontribusi model pembelajaran TGT sebesar 72,59 % . jadi, model pembelajaran yang paling berkontribusi aktivitas paling besar adalah model pembelajaran TGT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 546.071 Tin p
Keywords: Hasil Belajar; Media Pembelajaran; STAD; TGT; Media Power Point; Aktivitas Belajar; Senyawa Kimia; Senyawa Biner; Senyawa Poliatomik; Senyawa Organik; Senyawa Asam dan Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 30 Aug 2016 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11570

Actions (login required)

View Item
View Item