Putri, Sarika Permata (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131065 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4103131065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4103131065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103131065 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4103131065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103131065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103131065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103131065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103131065 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
4103131065 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103131065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar kimia siswa menggunakan model problem based learning dengan media power point dan model direct instruction dengan media power point pada materi pokok sistem koloid, (2) apakah hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model problem based learning dengan media power point lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model direct instruction dengan media power point pada materi pokok sistem koloid dan (3) ranah kognitif yang terkembangkan melalui model problem based learning dengan media power point dan model direct instruction dengan media power point pada materi pokok sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 17 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik sampling sederhana dengan mengambil 2 kelas. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah 40 siswa. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan menggunakan model problem based learning dengan media power point sedangkan kelas eksperimen 2 diberikan perlakuan menggunakan model direct instruction dengan media power point. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Dari hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 adalah 78,625±7,24 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar pada kelas eskperimen 2 adalah 71,5 ± 9,014. Hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji t-pihak kanan diperoleh hasil thitung=3,956 pada taraf signifikan α= 0,05, dk= 78 dan ttabel 1,6671 yang berarti thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model problem based learning dengan media power point lebih tinggi dibandingkan dengan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan direct instruction dengan media power point pada materi pokok sistem koloid. Ranah kognitif yang terkembangkan pada pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dalam penelitian ini adalah C2 (pemahaman) dengan rataan gain ranah kognitif masing-masing 0,785 dan 0,675.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.315 071 2 Put p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Problem Based Learning; Model Direct Instruction; Media Power Point; Sistem Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11557 |