Dewiana, Putri Andriani (2014) PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS X SMAN 1 KISARAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111064 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103111064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4103111064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4103111064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4103111064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4103111064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103111064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4103111064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103111064 BAB I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
4103111064 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103111064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa pada materi eksponen di kelas X SMA Negeri 1 Kisaran T.A 2014/2015 dan untuk mengetahui apakah siswa yang memiliki kepercayaan diri juga memiliki hasil belajar baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Kisaran T.A 2014/2015 yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Kisaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, angket dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran, lembar observasi dan angket digunakan untuk melihat kepercayaan diri siswa dan wawancara digunakan untuk mendukung penggunaan model Cooperative Learning Tipe NHT. Sedangkan analisis data yang dilakukan di dalam penelitian adalah teknik/metode analisis. Penelitian ini dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan observasi terhadap kepercayaan diri siswa dan observasi pembelajaran serta di akhir dari siklus diberikan tes hasil belajar. Dari siklus I diperoleh skor pengamatan kepercayaan diri siswa dalam kategori kurang baik begitu juga hasil angket yang menunjukkan belum adanya siswa di kategori tinggi sehingga belum memenuhi target peneliti, sedangkan di siklus II diperoleh skor pengamatan kepercayaan diri siswa dalam kategori baik serta angket juga menunjukkan hasil sudah ada siswa di kategori tinggi dan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I mencapai 69,11% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 71,25% dengan kategori baik. Pada tes hasil belajar I dari 32 orang siswa sebanyak 18 siswa (56,25%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 14 siswa lainnya (43,75%) belum tuntas. Pada tes hasil belajar II, sebanyak 28 orang (85,7% ) telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 orang siswa lainnya (12,5%) tidak tuntas. Karena hasil pengamatan kepercayaan diri siswa serta angket mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai maka pelaksanaan tindakan berhenti di siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together dapat meningkatakan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa di kelas X SMAN 1 Kisaran T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.740 712 Dew p |
Keywords: | Pendidikan Karakter; Kepercayaan Diri; Belajar Matematika; Cooperative Learning; Tipe NHT; Pangkat (Eksponen) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11554 |