SARI, IRMA NOVITA (2014) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DAN MEDIA PETA KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331021 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103331021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4103331021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103331021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103331021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103331021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103331021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103331021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103331021 BAB I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
4103331021 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103331021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar kimia siswa di SMA Negeri 1 Sibolangit yang dibelajarkan dengan model NHT (Numbered Head Together) dengan media power point dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model NHT media peta konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sibolangit yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dilakukan secara total sebagai kelas eksperimen I (XI1) dan kelas kedua (XI2) sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan dengan model pembelajaran koperatif tipe NHT dengan media peta konsep dan kelas eksperimen II diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media power point. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 49,67 dan nilai rata-rata postest adalah 75,67 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen II adalah 42,88 dan nilai rata-rata postest adalah80,00. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen I diperoleh 51,6 % dan nilai rata-rata gain untuk kelas eksperimen II adalah 64,9 %. Uji normalitas pretest kelas eksperimen I diperoleh x2 hitung = 4,65 dan χ 2 tabel = 11,07. Uji normalitas pretest kelas eksperimen II diperoleh dan χ 2 hitung = 6,15 dan χ 2 tabel = 11,07. Sehingga χ 2 hitung < χ 2 tabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 0,90 dan Ftabel = 2,85. sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel homogen. Hasil uji t diperoleh thitung= 2,61 dan ttabel = 1,9895, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model NHT dengan media power point dengan siswa yang dibelajarkan denga model NHT media peta konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Sar p |
Keywords: | Hasil Belajar; Strategi Belajar; Pembelajaran Kooperatif; NHT; Model Pembelajaran; Peta Konsep; Hidrolisis Garam; Sifat Larutan Garam; Jenis Garam; Larutan Garam; Penentuan Tetapan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11541 |