Manullang, Melda Veronika (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MENURUT POLYA DALAM POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DIKELAS VII SMP NEGERI 1 SEI SUKA-BATUBARA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311028 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409311028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
409311028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
409311028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
409311028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
409311028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
409311028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409311028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
409311028 BAB I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
409311028 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
409311028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui strategi pemecahan masalah menurut polya dalam pokok bahasan aritmatika sosial di SMP Negeri 1 Sei Suka-Batu Bara. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing – masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 SMP Negeri 1 Sei Suka-Batu Bara tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 31 orang. Data yang diambil berupa hasil observasi dan hasil tes pada siklus I dan siklus II dengan indikator keberhasilan peresentase hasil belajar siswa yang memperoleh nilai minimal 65 sebanyak 80% atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa pada siklus 1 belum memenuhi persentase nilai minimal sedangkan pada siklus II setiap kategori aktivitas siswa sudah memenuhi persentase nilai minimal. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Adapun hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 74,19% siswa memperoleh nilai lebih besar 65 dan pada siklus II 96,77% siswa yang memperoleh nilai lebih besar dari 65 artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22,58% dan telah tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa strategi pemecahan masalah menurut Polya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menggunakan strategi pemecahan masalah menurut Polya pada materi lain yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.207 1 Mn u |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran; Masalah dalam Matematika; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; strategi Pemecahan Msalah Menurut Polya |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 01:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11533 |