Siregar, Muhammad Shaoqi (2014) PENERAPAN MODEL KOOPERATIVE TYPE (TTW) UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ERIA MEDANT.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111057 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103111057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
4103111057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103111057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4103111057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103111057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103111057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103111057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103111057 BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
4103111057 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4103111057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Pada kesempatan kali ini Jenis penelitian yang di ambil oleh penulis adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Subjek penulis dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-2 SMP Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 35 orang. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematik siswa melalui Penaerapan Model pembelajaran think-talk-write (TTW) pada materi Teorema Phytagoras yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIII SMP Swasta Eria Medan dengan menerapkan Model pembelajaran think-talk-write (TTW) pada Teorema Phytagoras Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes kemampuan komunikasi matematik, observasi dan wawancara. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematik. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan ke validator.Siklus I penulis menerapkan Model think-talk-write (TTW) yang menjadi inovasi baru yang ditawarkan oleh penulis yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi matematik dalam pembelajaran yang di berikan, pada akhir siklus di lihat hasil melalui setiap tes yang dilaksanakan pada akhir siklus sebagai acuan untuk tindakan pada siklus kedua. Pada siklus II mengacu pada kekurangan yang terjadi pada siklus sebelumnya penulis menambahkan beberapa inovasi tambahan salah satunya dengan memaximalkan kerja setiap siswa/i dalam kelompoknya yang tadinya berjumlah 4-5 orang di perkecil sampai 3-4 orang maximal untuk mendapat hasil yang lebih maximal dengan setiap anggota kelompok bekerja secara penuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Model TTW pada materi Teorema Phytagoras dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Hal ini dilihat dari hasil sebelum tindakan diberikan, pada pemberian tes awal dari 35 siswa hanya sebanyak 12 siswa (34,28%) yang mencapai nilai 65 dengan nilai rata-rata kelas 50. Setelah diberi tindakan, Tes Kemampuan Komunikasi Matematik I pada siklus I, dari 35 siswa sebanyak 19 siswa (54,28%) mencapai nilai 65 dengan nilai rata-rata kelas 65,58. Dari analisis data Tes Kemampuan Komunikasi Matematik II pada siklus II diperoleh bahwa dari 35 siswa terdapat 32 siswa (91,42%) yang mencapai nilai 65 dengan nilai rata-rata kelas 77,12.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Sir p |
Keywords: | komunikasi; Komunikasi, Matematika; Belajar; Model Pembelajaran Matematika; Think Talk Wrrite; Teorema Phytagoras |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11531 |