Daulay, Leny Khairani (2014) STUDI PELAKSANAAN SERTA HASIL BELAJAR FISIKA PADA UJIAN TENGAH SEMESTER TAHUN 201 �. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101121017 COVER.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4101121017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4101121017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4101121017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4101121017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4101121017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4101121017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4101121017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4101121017 BAB I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4101121017 BAB V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4101121017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besar pelaksanaan penilaian pendidikan yang sesuai Badan Standar Nasional Pendidikan serta hasil belajar fisika pada ujian tengah semester. Penelitian dilakukan terhadap beberapa guru fisika dan siswa di Sekolah Menengah Atas ( SMA ) dengan melakukan penyebaran angket,wawancara, dokumentasi dan memberikan soal kepada siswa.Penelitian dilakukan guna mempetakan kemampuan guru dalam menilai dan kesesuaian mekanisme, prosedur dari penilaian ujian tengah semester yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan serta melihat hasil belajar fisika pada ujian tengah semester. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pelaksanaan penilaian ujian tengah semester yang dilakukan guru di kelas sebesar 44,80%. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa kecil nya persentase perbedaan penilaian yang dilakukan oleh guru. Ini merupakan sebuah proses triangulasi yang peneliti lakukan untuk mendapatkan ke akuratan pelaksanaan penilaian guru pada ujian tengah semester di setiap sekolah, serta hasil tes ujian tengah semester fisika sangat kurang dengan persentase yang hanya sebesar 25,53%. Rata-rata angket penilaian ujian tengah semester yang dilakukan guru secara triangulasi sebesar 44,80%. Berdasarkan hal ini kurangnya pemahaman guru dalam melakukan standar penilaian sesuai Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), disebabkan Kurang Sosialisasi dan pembinaan dari pemerintah. Serta tidak adanya pernyamaan persepsi yang dilakukan oleh dinas pendidikan setempat sehingga guru melakukan penilaian yang menurut guru pahami, serta sistem pengawasan sekolah yang masih lemah. Untuk merancang, melaksanakan, menganalisis dan melaporkan hasil dan prestasi belajar peserta didik perlu dukungan dari sekolah. Adanya sistem penilaian dari sekolah, sehingga guru sulit untuk memperbaiki mekanisme tata cara penilaian yang berstandar, dan nilai rata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Dau s |
Keywords: | Standar Nasional Penilaian; BSNP; ujian tengah semester; kuesioner; interview |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11507 |