Amelia, Rizki (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SUB MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141067 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103141067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4103141067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4103141067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4103141067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4103141067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4103141067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4103141067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4103141067 BAB I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
4103141067 BAB V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4103141067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4103141067 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran berbasis masalah pada sub materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam TP. 2013/2014. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas CTL 47,58 dengan standar deviasi 9,29 dan nilai rata-rata pretes kelas PBM 47,98 dengan standar deviasi 8,65. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan tidak normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel (0,18 < 1,998), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian setelah diberikan perlakuan, yaitu melalui model pembelajaran yang berbeda diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas CTL 73,53 dengan standar deviasi 6,50 dan kelas PBM 69,49 dengan standar deviasi 6,87. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2 dan ttabel = 1,998 pada taraf α = 0,05 sehingga thitung > ttabel (2 > 1,998) maka Ha diterima yakni ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran berbasis masalah pada sub materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam TP. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Ame p |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran; CTL; PBL; ekosistem; makhluk hidup; individu; komponen ekosistem; simbiosis; predatorisme; kompetisi; netralisme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11498 |