Hutabarat, Gresya N (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103341020 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4103341020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4103341020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4103341020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4103341020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4103341020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4103341020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103341020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103341020 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
4103341020 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103341020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada materi Ekosistem. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang terdiri dari 80 orang siswa, yaitu 40 orang siswa kelas X MIA-4 dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan 40 orang siswa kelas X MIA-5 dengan menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Instrumen penelitian yang digunakan adalah test hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Hasil analisis data post-test di kelas PBL adalah sebesar 72,83 sedangkan nilai pos-test kelas CTL sebesar 77,15. Setelah dilakukan uji t dengan taraf signifikansi 0,05, maka diperoleh t hitung = 2,15 dan ttabel =1,99 maka berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa thitung > ttabel (2,15 > 1,99) sehingga dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaanyang signifikan pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran CTL.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Hut p |
Keywords: | perbedaan; hasil belajar; Problem Based Learning; Contextual Teaching Learning; taksonomi bloom; ekosistem; kurikulum; pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11497 |