Siahaan, Nuraini (2014) PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL (CTL) DALAM PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMP KARYA BUNDA MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311035 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409311035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
409311035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
409311035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409311035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
409311035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409311035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409311035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409311035 BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
409311035 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409311035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kontekstual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatakan kemampuan koneksi siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Karya Bunda Medan Estate.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMP Karya Bunda Medan Estate tahun ajaran 2013/2014 yang masing-masing berjumlah 24 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemmapuan koneksi matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Karya Bunda Medan Estate tahun ajaran 2013/2014. Data diperoleh dari tes koneksi matematika siswa pada akhir setiap siklus dan lembar observasi untuk setiap kali pertemuan. Sebelum dilaksanakannya siklus diadakan tes awal pada kelas IX-1 untuk melihat kemampuan awal kelas memahami koneksi bangun ruang sisi lengkung, juga untuk mengetahui gambaran kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan bangun ruang sisi lengkung. Kemudian dilaksanakan siklus I dikelas IX-1 dan dilanjutkan ke siklus II untuk melihat peningkatan pemahaman koneksi matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung.Kemampuan koneksi matematika siswa mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa pada tes koneksi awal yaitu 35,6 dengan tingkat kemampuan koneksi matematika sangat kurang. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa meningkat menjadi 65,2 dengan tingkat kemampuan koneksi matematika cukup. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa meningkat menjadi 80,2 dengan tingkat kemampuan koneksi matematika baik serta telah mencapai target keberhasilan belajar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat meningkatakan kemampuan koneksi siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Karya Bunda Medan Estate.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 712 Sia p |
Keywords: | pembelajaran matematika; koneksi matematika; pembelajaran kontekstual; keunggulan dan kelemahan; bangun ruang sisi lengkung |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11484 |