Arisa, Yeni (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS X SMA PANCA BUDI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102121026 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4102121026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4102121026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
4102121026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4102121026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4102121026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4102121026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4102121026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4102121026 BAB I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
4102121026 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4102121026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan akibat Model Pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis Kelas X semester II SMA Panca Budi Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas X MS-A dan X MS-B sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen berupa tes soal pilihan berganda dan lembar observasi telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar dan aktivitas siswa. Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 39,05 dan 39,5. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh -ttabel < thitung < ttabel (-2,012 < -0,125 < 2,012), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 70,7 dengan kategori aktif. Setelah
pembelajaran selesai diberikan, diperoleh data postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 76,7 dan 64,14. Pada pengujian data postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.
Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (3,357 > 1,676) maka H a diterima yakni ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 533.207 12 Ari p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Inquiry Training; Konvensional; Scientefic; Fluida Statis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 06:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11483 |