Lumbantobing, Mariana (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121053COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409121053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
409121053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409121053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409121053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
409121053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409121053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
409121053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409121053 BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
409121053 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
409121053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X Semeester I pada materi pokok Gerak Lurus di SMA Negeri 11 Medan T.P 2013/2014.Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 320 siswa yang terdiri dari sepuluh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X9 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X10 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 32 orang yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item dengan lima option jawaban yag sebelumnnya telah divalidasi, untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t).Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 35,16 dengan standar deviasi 10,355 dan rata-rata postes 70,47 dengan standar deviasi 10,109, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretes sebesar 34,53 dengan standar deviasi 8,647 dan rata-rata postes 63,44 dengan standar deviasi 9,625. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan varians kedua kelas homogen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t ,diperoleh thitung = 2,849 > ttabel = 1,999 artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Gerak Lurus di SMA Negeri 11 Medan T.P 2013/2014. Dan adanya peningkatan aktivitas pada setiap pertemuan. Jadi, aktivitas sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.112 071 Lum p |
Keywords: | aktivitas belajar; hasil belajar; ranah kognitif; ranah afektif; ranah psikomotorik; pembelajaran konvensional; gerak lurus; jarak perpindahan |
Subjects: | Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC81 Weights and measures |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 09:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11464 |