Rambe, Budi Rohim (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUTION (DI) BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MEKANIKA FLUIDA DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 16 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
8. BAB 1.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
9. BAB V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
11. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Direct instruction (DI) berbantu Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa kelas XI Semester II pada materi pokok Mekanika Fluida di SMA Negeri 16 Medan T.P. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMA Negeri 16 Medan yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 286 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas XI-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-3 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 70 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal.Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pretes dan postes kedua kelas yang berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 46,14 dan nilai rata-rata kelas kontrol 42,86 dengan standar deviasi 11,186 dan 11,000. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI) berbantu Macromedia Flash dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 68,14 dan kelas kontrol 62,86 dengan standar deviasi 10,784 dan 8,769. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,33 dan ttabel = 1,668, sehingga thitung > ttabel (2,33 >1,668) maka H diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI) berbantu Macromedia Flash pada materi pokok Mekanika Fluida Di Kelas XI Semester II SMA Negeri 16 Medan T.P. 2013/20114.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 532.207 12 Ram p |
Keywords: | Model Direct Instruktion;Macromedia Flash;Hasil Belajar siswa;Pembelajaran konvensional;Mekanik Fluida;Hidrostatis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11462 |